Rabu, 01 Mei 2013

PENGERTIAN AUDIT SUMBER DAYA MANUSIA

Audit Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan penilaian dan analisis komprehensif terhadap program-program audit, Audit SDM juga dapat diartikan sebagai pemeriksa kualitas kegiatan Sumber Daya Manusia secara menyeluruh dalam suatu Departemen, Divisi atau Perusahaan dalam arti mengevaluasi kegiatan-kegiatan SDM dalam suatu perusahaan dengan menitikneratkan pada peningkatan atau perbaikan .
    Performance/operasional audit, merupakan suatu kegiatan penilaian yang sistematis, dilaksanakan secara objective dan independent berorientasi atas masa depan untuk semua kegiatan yang ada dalam suatu perubahan utamanya dalam bidang SDM.


KASUS
Kepala Inspektorat Kota Kediri, Haryono mengatakan bahwa lambannya penanganan kasus indisipliner PNS karena adanya aturan baru tentang penegakan disiplin kepegawaian. "Aturan baru tersebut membuat penindakan lambat," ujar Haryono, Jumat (02/03/2012).


Penanganan Kasus Disiplinan PNS Dinilai Lambat
      
          Kediri (beritajatim.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri lambat dalam menangani indisipliner alias pelanggaran disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Buktinya, dari belasan kasus disiplin PNS yang mencuat sejak pertengahan 2011 lalu, hingga kini belum satupun tersentuh sanksi.

Kata mantan Kabag Humas Pemkot Kediri, "Sebelumnya penindakan langsung dilakukan oleh Inspektorat tetapi mulai tahun ini pemeriksaan maupun pemberian sanksi dilakukan oleh masing-masing kepala Satuan Kerja (Satker) melalui tim adhoc".
Berdasarkan data Inspektorat, hingga kini ada dua belas PNS sedang menjalani pemeriksaan terkait pelanggaran disiplin. Mereka melanggar disiplin pegawai, diantaranya tidak masuk kerja selama empat puluh hari tanpa keterangan, tersangkut kasus kriminal, dan lain-lain. 

ANALISA

     untuk menekan tingkat kemangkiran pegawai dan toleransi tingkat kemangkiran pegawai, bagaimana pola karir pada pegawai dalam oraganisasi yang akan berpangaruh pada peningkatan prestasi kerja dan sebagainya.

SOLUSI

       untuk dapat melakukan perkarjaan dengan baik organisasi dapat memeberikan reward terhapad pegawai dan bagaimana sistem yang dibangun dapat meningkatkan kinerja pegawai. bagi pegawai yang telah melakukan pelanggaran diberikan sanksi yang lebi tegas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar